DAFTAR TUGAS

Kamis, 01 Desember 2011

KAMUS OTOMOTIF HURUF U

Ultra Low Emission Vehicle : Fabrikan mobil selain melirik Low Emission Vehicle, juga mulai melirik Ultra Low Emission Vehicle. Bahan bakarnya nyaris tidak menggunakan minyak bumi lagi. Perusahaan Opel bahkan mulai melirik air sebagai bahan bakar dengan menghasilkan mobil prototype Opel Hydrogen 1.

Undercoating : Suatu campuran, umumnya berasal dari minyak bumi yang dilapiskan pada permukaan logam. Biasa dipergunakan pada bagian luar atau kolong mobil yang cenderung terjadi karat. Tapi bahan ini bisa dipergunakan sebagai peredam suara.

Under Steer : Merupakan kondisi dimana mobil menikung dengan radius putar yang lebih besar dari idealnya. Understeer terjadi ketika slip angle roda depan lebih besar dibanding roda belakang, sehingga mobil meluncur meski setir sudah dibelokkan. Mengurangi understeer amat bergantung pada tipe mobil yang anda kemudikan. Untuk mobil gerak roda depan, kurangi tekanan di pedal gas, sambil mengoreksi arah kemudi. Atau bagi pengemudi profesional, dilakukan pengereman dengan kaki kiri, supaya bagian belakang mobil bergeser ke luar tikungan. Di mobil gerak roda belakang, understeer direduksi dengan mengurangi gas atau justru menambah gas, memanfaatkan tenaga mesin untuk menggeser ekor mobil ke luar tikungan.

Urban Vehicle : Jenis atau tipe kendaraan yang dirancang khusus untuk keperluan transportasi di daerah kota. Beberapa ciri tipikalnya adalah kapasitas mesin yang tidak sekuat sedan atau SUV, kebanyakan Urban Vehicle menggunakan transmisi otomatis karena penggunaannya lebih praktis di daerah yang serba macet. Contoh kendaraan yang masuk kategori Urban Vehicle adalah Hyundai Atoz dan Suzuki Karimun.

Urethane : Bahan plastik yang sangat kuat. Umumnya dipergunakan untuk bantalan suspensi pada pemakaian khusus, seperti untuk off-road dan beban berat. Pemakaian bantalan urethane cenderung memperkeras sistem suspensi tapi jauh lebih kuat dan tahan lama.
Under Steer : Suatu gejala apabila stir telah dibelokan tetapi posisi kendaraan masih lurus

Tidak ada komentar: