DAFTAR TUGAS

Kamis, 01 Desember 2011

KAMUS OTOMOTIF HURUF S

Sabuk penggerak : Sabuk kain dan sabuk karet yang menggunakan perputaran katrol poros engkol untuk memutar alternator, pompa air, pompa kemudi servo, dan kompresor alat pendingin udara, jika dilengkapi dengan onderdil tersebut. Beberapa mobil menggunakan sabuk tunggal, disebut sabuk penggerak yang berkelok-kelok, untuk menggerakkan banyak komponen.

Satuan Kecepatan : Amerika menerapkan satuan kecepatan mil/jam. Sedangkan Indonesia km/jam. 1 mil/jam = 1.6093 km/jam. 1 km/jam = 0.621 mil/jam.

Satuan Volume : Satuan volume di Indonesia adalah cc (cubic centimeters) atau 1/1000 liter. Di luar negeri ada yang memakai satuan volume cubic inches (cu.in). 1 cu.in = 0.0164 liter = 16.3866 cc.

SAE : Society of Automotive Engineer adalah satuan ukuran kekentalan oli.

Safety car : Mobil yang digunakan untuk memeriksa apakah trek sudah siap digunakan, mengelilingi trek sebelum lomba dimulai dan kemudian dilaporkan pada pimpinan perlombaan.

Saloon (sedan) : Saloon atau sedan adalah versi nyaman dan mewah dari sebuah kendaraan atau mobil. Fasilitas yang diberikan kendaraan jenis ini pun diatas standar.

Saringan udara : Untuk membersihkan udara yang diperlukan pada proses pembakaran dalam silinder motor.

Saringan Bensin : Berfungsi untuk menahan kotoran yang dikandung oleh bensin sebelum masuk ke pompa.

Seating Reference Point : Untuk mengoptimalkan sudut duduk penumpang untuk menciptakan rancangan kursi seergonomis mungkin.

Selectable 4WD : Sistem ini memberikan keleluasaan lebih banyak pada pengemudi untuk memilih jenis penggerak rodanya, termasuk 2WD, full-time 4WD, bahkan part-time 4WD guna memberikan traksi maksimal. Sistem ini dipakai oleh: Jeep Cherokee, Grand Cherokee; Mitsubishi Montero; Acura SLX; Ford Expedition; Infiniti QX4; Isuzu Trooper.

Self Leveling Suspension (SLS) : SLS ini bekerja pada suspensi belakang untuk menjaga tingkat / ketinggian efisien kendaraan sesuai beban diangkut. Beroperasi secara otomatis saat mesin hidup atau kendaraan bergerak. SLS menggunakan tekanan udara (pneumatic). Bila ketinggiannya berkurang karena bertambahnya muatan, SLS secara otomatis akan menambah tekanan udara pada per untuk mengimbangi penambahan berat atau perubahan posisi/kondisi kendaraan. Sebaliknya bila muatan berkurang, sistem akan mengurangi tekanan udara untuk mengembalikan ke posisi semula.

Selubung engkol : Onderdil mesin paling bawah, yang mengelilingi poros engkol.
Sensor camshaft position : Tehnologi ini terdapat pada mobil Jaguar. Fungsinya mengirim sinyal tegangan bolak balik ke Powertrain Control Module (PCM/ otak mobil), dimana posisi silinder nomor satu dihitung. Proses ini diperlukan hanya pada saat start. Bila mesin sudah hidup, sinyal berikutnya digunakan buat mengontrol secara urut injeksi bahan bakar.

Sensotronic Brake Control (SBC) : Cara kerjanya menggunakan sinyal tekanan di pedal rem. Lalu dihubungkan dengan tabung reservoir bertekanan tinggi. Penggunaan sistem ini tergantung sepenuhnya dari seberapa kuat tekanan kaki pengemudi menginjak pedal rem. Jadi kepakeman rem bervariasi tergantung reaksi pengereman yang dilakukan. SBC juga bekerja dengan sensor di sistem ABS (putaran roda) dan ESP (sudut kemiringan roda).

Sepatu rem : Onderdil sistem rem teromol bergerak yang memberlakukan tekanan pada teromol rem, permukaan sistem rem teromol yang dapat diganti adalah lapisan gesekan pada sepatu tersebut.

Service road : Jalan disisi trek untuk kendaraan yang mendukung jalannya perlombaan balap mobil seperti ambulans, derek.

Servo-Shut : Sistem penutup bagasi mobil. Sensor di dalam modul kunci akan berfungsi ketika pintu hampir menutup. Tak lama kemudian sistem ini akan mengaktifkan modul pneumatik untuk menahan pintu lalu menariknya dengan halus. Tanpa perlu membanting, pintu tertutup sendiri

Setang Piston : Fungsinya sebagai penghubung antara piston dengan poros engkol, sekaligus mengubah gerak bolak-balik menjadi gerak putar.

Sequential : Transmisi pengoprasian bertanda (-) dan (+)
Shock Absorber : Adalah peredam kejut yang berfungsi untuk meredam getaran pada pegas kendaraan mencegah getaran terus menerus, dan mencegah goncangan yang terjadi.

Short Stroke/over square : ada tipe mesin jenis ini langkah piston lebih kecil dibandingkan diameter silinder.

Side Beam : Besi pengaman yang dipasang di pintu mobil untuk memberikan perlindungan yang kokoh. Seandainya mobil ditabrak dari samping, side beam meminimalisasi daya impact dari tabrakan sehingga memberikan perlindungan yang 'lebih' terhadap penumpang

Side Body Moulding : Berbentuk lebar memanjang dari spakbor depan ke belakang, dipasang di bagian samping bawah bodi.

Side Impact Protection System (SIPS)
Untuk meminimalkan efek benturan samping SIPS mendistribusikan tenaga tabrakan ke beberapa area seperti pilar, balok, lantai, dan atap mobil.

Side Skirt : Adalah komponen bodi yang berada di bagian samping bawah di antara rumah roda depan dan belakang. Fungsinya sama dengan spoiler yaitu untuk memperbesar down force.
Side-marker light :
Terpasang di samping bodi dan umumnya di bagian belakang (daerah bagasi). Lampu samping ini harus menyala bareng lampu utama. Posisinya disesuaikan lampu sein. Dijuluki 'adik' lampu kota

Side-Mounted Turn Signal Lamp :
Alias lampu sein, tapi dipasang di sisi samping bukan menyatu dengan lampu besar. Lampu sein samping ini harus dipasang pada ketinggian 50 - 150 cm dari aspal. Trend sekarang, lampu sein samping ini memakai mika putih, bukan kuning. Kadang disebut 'adik tiri' lampu sein.

Silicon-impregnated aluminium : Bahan yang dipergunakan untuk silinder blok, dibuat melalui proses pencampuran silikon dengan aluminium sebelum pengecoran.
Setelah pengecoran diperlukan proses etches di permukaan aluminium untuk menghilangkan kristal silikon dari dinding silikon. Pemakaian cara ini mampu mengurangi berat silinder, tapi prosesnya sangat rumit.

Silinder Master :
Adalah silinder hidrolik yang bekerja dengan gaya pedal rem ke tekanan hidrolik yang dapat terhubung pada masing-masing silinder rem melalui pipa saluran rem. Silinder master biasanya ditempatkan bersamaan dengan unit boster rem.

Silinder roda : Silinder hidraulik pada setiap roda yang memperbesar tekanan silinder induk untuk mengoperasikan sistem rem roda secara merata.

Single Seater : Tempat duduk tunggal

Sistem pendingin : Sistem yang menghilangkan panas dari mesin.

Sistem kemudi : Sistem onderdil yang memindahkan perputaran roda kemudi ke roda.

Sistem listrik : Komponen yang menghidupkan mobil anda, mengisi kembali dan menyimpan listrik, serta mengoperasikan peralatan listrik.

Sistem pelumasan : Saluran mesin, saringan dan pompa oli, dan onderdil terkait yang melumas mesin untuk mengurangi aus pada onderdil bergerak.

Sistem penyalaan : Sistem yang memasok dan mendistribusikan bunga api yang dibutuhkan untuk pembakaran mesin.

Sistem Pengapian : Sistem pengapian hanya terdapat pada mobil bermesin bensin berfungsi untuk menghasilkan tegangan yang tinggi untuk mengadakan bunga api di antara elektroda busi sehingga campuran bahan bakar udara dibakar sempurna walaupun kecepatan berubah-ubah.

Sistem Suspensi : Berfungsi untuk mengurangi dan menyerap getaran-getaran dan goncangan selama kendaraan berjalan terutama pada jalan yang tidak rata.

Slick : Ban tipe aspal kering, tidak mempunyai kembang

Sliding : Sebuah benda yang tidak bergerak berputar, tapi posisinya berubah. Misal Pengereman mendadak pada kecepatan tinggi menyebabkan roda terkunci tapi mobil tetap melaju

Sludge : Kotoran terdiri dari senyawa oli, air, dan kotoran pucat yang menumpuk di dalam panci oli dan di sekitar lengan penggoyang, yang mengurangi aliran oli melalui mesin.

SOHC : Single Over Head Camshaft : adalah konfigurasi mesin yang menggunakan satu poros bubungan untuk mengontrol katup di mana poros cam ditempatkan pada bagian atas ruang bakar. Sehingga suara mesin menjadi lebih halus dan pencapaian putaran mesin menjadi lebih tinggi jadi mobil memiliki akselerasi yang lebih cepat.
Spark plug : busi

Spec Down : Penurunan Spesifikasi

Spectrophotometer : Yaitu menguji kemampuan kaca film meredam panas sinar matahari, meredam sinar ultra violet serta mengukur pantulan dan transmisi cahaya yang masuk.

Speedometer : Alat pengukur kecepatan kendaraan baik mobil atau motor

Splash guard : Perisai lumpur terletak di belakang roda mobil

Spin : Benda berputar pada poros dan bergesekan terhadap alasnya, tapi posisinya tidak berpindah.

Spring koil : pegas keong merupakan pegas berbentuk kumparan yang terbuat dari puntiran batang baja berpenampang bundar, dipasang di bagian depan maupun di bagian belakang kendaraan.

Spring Rate : Ukuran kekerasan atau kelunakan dari pegas.

Sports Car : Sports Car adalah kategori mobil yang bisa berlari super cepat, misalnya seluruh produk fabrikan Porsche, Lamborghini, dan Ferarri. Semua mobil keluaran pabrik tersebut bisa masuk kategori mobil Sports Car alias khusus ngebut terutama di trek atau sirkuit untuk umum. Kenikmatan sports car adalah murni kesatuan antara pengemudi dan mobilnya dalam satu tujuan yaitu kecepatan super dan seolah-olah melahap jalanan. Kehadiran orang atau mobil lain justru akan sangat mengganggu 'acara' itu. Jadi jangan heran jika orang yang mengerti arti sports car, akan memacu Lamborghini atau Ferrari di tengah jalanan dengan 'sopan' dan memacu habis-habisan di tempat yang kosong.

Spoiler : Sebagai peningkat

Spooring : Adalah penyelarasan roda kiri dengan kanan. Berguna mencegah efek 'melayang' atau 'berat sebelah' saat mobil sedang dikendarai. Terutama ketika berjalan dalam kecepatan.

Spuyer Karburator : Dalam karburator sebagai penyuplai sekaligus pengatur campuran udara dan bensin dibutuhkan spuyer. Yang terdiri dari dua macam yaitu pilot-jet dan main-jet. Kedua piranti ini harus sesuai ukurannya. Jika takaran meleset sedikit saja, settingan jadi tidak pas.

Square engine : Pada tipe mesin jenis ini langkah piston sama dengan diameter silinder

Stability and traction control : Mengontrol roda untuk tidak selip.

Station Wagon : Istilah yang digunakan untuk jenis sedan namun dengan ekstra bagasi karena bagasi station wagon jelas lebih besar. Berbeda dengan sedan dimana bagasinya single di belakang. Pada station wagon bagasi lebih luas karena memang ciri khas kegunaan station wagon adalah selain daya angkut penumpang lebih luas demikian juga daya angkut barang. Jadi slide down pada bagian atas bagasi sedan ditutup rata dari kap atas penumpang lurus ke belakang.

State of Art : Aspek keamanan sesuai dengan standard FIA

Starter : Motor listrik yang mengikat, memutarkan, dan melepaskan roda gaya mesin guna menghidupkan mesin.

Steer by wire : Kemudi elektrik, sama prinsipnya dengan kemudi pesawat. Di mana kemudi digerakkan berdasarkan sinyal elektronik. Sehingga tidak diperlukan tuas penghubung mekanik lagi. Rencananya akan diterapkan pada BMW seri 7 akhir tahun 2001

Steering Column : Batang kemudi

Steering Ratio : perbandingan besar sudut yang harus diputar setir agar roda pengarah membuat sudut 1 derajat pada titik putarnya.

Steering Wheel : Roda kemudi

Struth Bar : Berperan memperkuat kedudukan suspensi agar geometri suspensi tak mudah berubah. Idealnya struth bar juga dihubungkan ke bodi pembatas antara ruang mesin dan penumpang. Akan lebih baik jika struth bar juga dipasang pada suspensi belakang. Struth bar berbentuk pipa atau batang melintang yang dipasang di ruang mesin, menghubungkan tumpuan bagian atas suspensi kanan dan kiri.
Storing : Bagian dari distorsi yang disebabkan engine noise, alternator noise,

Studded Tyre : Ban berpaku (trek es/salju)

Sun Control : Teknologi pelapisan metal yang ada di dalam kaca film untuk merefleksikan dan menyeleksi unsur-unsur sinar matahari yang masuk. Dengan metode vapor coating, E-beam Coating, E-beam vapor coating & Sputer coating, pemantulan dan pemilihan cahaya matahari bisa optimal.

Sunroof : Piranti berbahan pelat besi (lubang) yang terletak pada plafon mobil yang dapat dibuka dan ditutup secara elektrik maupun mekanik. Berguna sebagai sirkulasi udara dan sinar matahari.

Supercharger : Alat yang terletak pada sistem mekanisme penggerak fungsinya membantu suplay udara masuk ke ruang bahan bakar agar proses pembakaran bahan bakar jadi lebih sempurna. Bekerja pada putaran rendah maupun tinggi. Terletak satu poros dan satu sirkulasi dengan camshaft atau crankshaft.

Supplemental High-Beam Headlamp : Digunakan meningkatkan daya pancar lampu depan bagi mobil yang hanya dilengkapi sepasang lampu utama. Lampu jenis ini memiliki karakter optik serupa lampu kabut, namun lensanya dirancang mampu memancarkan sinar lebih tinggi dan jauh.

Supplemental Restraint System : Integrasi antara sabuk pengaman dan air bag.

Surround (edge) : Lapisan pada speaker yang terbuat dari campuran busa dengan santropene atau karet untuk menimbulkan efek hembusan suara pada speaker

Suspension travel limiter
Berfungsi membatasi jarak main (travel) dari suspensi. Kiat ini diterapkan agar balljoint tidak mentok dengan drive shaft. Perangkat ini lazim digunakan pada mobil off road dalam bentuk sabuk (strap).

SUV adalah Sports Utility Vehicle, kendaraan untuk kegunaan sports khususnya outdoor. Akses menuju tempat yang berbukit-bukit tentunya akan lebih mudah dicapai dengan SUV ketimbang memakai sedan. Maka itu SUV hadir dengan nuansa atau aksen sporty yang kuat.Walaupun pakai embel-embel sports namun jangan keliru mengidentifikasi SUV sama dengan Sports Car. SUV berbeda dengan Sports Car yang memang khsusus untuk kebut-kebutan.

SVT : Special Vehicle Team, divisi elit engineer Ford yang memproduksi kendaraan atau perlengkapan kendaraan terbaik Ford

Safety car : Mobil yang digunakan untuk memeriksa apakah trek sudah siap digunakan, mengelilingi trek sebelum lomba dimulai dan kemudian dilaporkan pada pimpinan perlombaan.

Service road : Jalan disisi trek untuk kendaraan yang mendukung jalannya perlombaan seperti ambulans, derek.

Scrutineering : Pemeriksaan kendaraan beserta perlengkapannya
Spec Down : Penurunan Spesifikasi

Single Seater : Tempat duduk tunggal

Slick : Ban tipe aspal kering, tidak mempunyai kembang
SOHC : Single Over herd Camshaft

Sliding : Sebuah benda yang tidak bergerak berputar, tapi posisinya berubah. Misal Pengereman mendadak pada kecepatan tinggi menyebabkan roda terkunci tapi mobil tetap melaju

Spin : Benda berputar pada poros dan bergesekan terhadap alasnya, tapi posisinya tidak berpindah.

Sequential : Transmisi pengoprasian bertanda (-) dan (+)

Studded Tyre : Ban berpaku (trek es/salju)

Scrutineering : Pemeriksaan kendaraan beserta perlengkapannya

Setang Piston / CON ROD : Fungsinya sebagai penghubung antara piston dengan poros engkol, sekaligus mengubah gerak bolak-balik menjadi gerak putar.

Tidak ada komentar: