Valve Tire : Biasa disebut pentil ban. Fungsinya sebagai pintu masuk udara, sekaligus mencegah kebocoran udara di dalam ban. Di dalamnya terdapat perangkat kecil bernama valve core yang berfungsi sebagai katup pemasukan udara
Vacuum Light Adjuster : Teknologi ini membuat ketinggian sinar lampu depan bisa diatur otomatis, sesuai kondisi jalan dan pergerakan bodi mobil. Sistemnya menyesuaikan sudut sorotan lampu berdasarkan sensor di permukaan jalan, sementara sensor di poros roda belakang mendeteksi pergerakan bodi. Lalu sinyal dikirimkan ke motor penggerak lampu hanya dalam hitungan sepersekian detik.
Valvetronic : Teknologi pada mesin BMW. Selain mengatur bukaan tutup katup juga mengatur panjangnya saluran pemasukan. Bukaan tutup dikendalikan oleh sebuah servo sesuai dengan data yang diterima dari sistem manajemen mobil. Cara kerjanya : untuk memperbesar bukaan katup sebuah elektromotor akan menekan tuas pemaju yang sekaligus bertugas menekan katup. Akibat posisinya yang lebih ke depan, maka tekanan poros nok menjadikan bukaan yang lebih besar dan bila bergerak mundur bukaan akan mengecil. Penekanan dilakukan melalui roda gigi yang dihubungkan dengan elektromotor dan tuas pembuka. Jadi tuas selain mengatur besar dan waktu bukaan, juga sebagai perantara antara poros nok dan katup.
Vanos : Adalah variable valve timing, merupakan tehnologi desain mesin yang dikembangkan oleh BMW. Sistem ini dapat mengubah waktu buka tutup katup sehingga dihasilkan mesin yang mempunyai kinerja yang unggul pada kecepatan rendah dan tinggi. Hasilnya mesin hemat bahan bakar, dengan kapasitas silinder kecil dengan kinerja bagus pada semua tingkat putaran mesin. Tehnologi Vanos dikembangkan lagi oleh BMW dengan nama double vanos yaitu sistem vanos yang bekerja pada katup masuk dan katup buang.
Van/minivan : Sebuah konsep kendaraan yang dirancang untuk keperluan keluarga dimana jumlah orang yang cukup banyak dan mampu memuat barang-barang. Beberapa van bahkan dilengkapi pintu geser yang walaupun kurang keren tapi lebih praktis dari jenis pintu mobil yang biasa.
Variocam : Adalah Variabel Valve Timing atau VTEC buatan Porsche. Merupakan perpaduan antara dua buah konsep mesin yaitu camshaft adjusment dan valve lift control. Berkat Variocam ini, Porsche 911 terbaru bisa berakselerasi lebih cepat dari Porsche 911 edisi terdahulu. Dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 5 detik. Tentu saja performa akselerasi ini bukan kerja Variocam sendirian tapi juga dibantu oleh sistem intake yang punya resonansi. Selain itu juga Variocam membantu peningkatan kecepatan dan membuat sistem pengendalian 911 baru menjadi lebih responsif.
Vehicle Identification Number (VIN) : Nomor identifikasi mesin pada mobil CBU. Dengan membaca VIN bisa diketahui lebih detil tahun produksi, negara pengekspor dan negara pengimport, negara pembuat, tipe mobil, pabrik pembuatnya. Misalnya : JAC D H 5 8 V X P 7 8 00001. Cara membacanya : JAC = Isuzu MPV menunjukkan maker identifier / tipe mobil, D = brake range, H = utility 4x4, angka 5 = Isuzu MPV menunjukkan model, angka 8 = tipe bodi menyangkut door short atau long wheel base, huruf V = tipe mesin yakni 6VD1-V gasoline 3.2 LSOHC V6 fuel injection, huruf X berarti check digit, huruf P menunjukkan tahun model pembuatan, angka 7 = berarti plant of manufacture yakni Fujisawa (Jepang), angka 8 menunjukkan sequential identifier yakni USA/PR (truk), deretan angka 00001 menunjukkan nomor urut produksi.
Velg Bead Lock : Velg ini memiliki ring pengunci bead (bibir) ban yang dipakai. Bentuknya seperti cincin di bibir velg dan dilengkapi baut agar bisa menjepit bead. Ini berguna buat menangkal problem spin antara velg dan ban. Terutama saat tekanan ban direndahkan buat mendapatkan traksi maksimum di medan lumpur atau bebatuan (rock crawling). Dengan dijepitkannya bibir ban, posisinya tak akan berubah meski tekanan ban hanya tersisa sekian psi saja. Yang perlu diperhatikan, velg dengan bead lock ini direkomendasi hanya untuk kecepatan rendah (offroad).
Velg celog : Velg yang mempunyai bibir velg lebih lebar.
Velg nutup : Velg full disc. Seperti piring yang menutupi seluruh permukaan velg.
Velg three pieces : Velg yang terdiri dari tiga bagian yaitu bibir luar (inner rim), bagian belakang (outter rim) dan center curve.
Velg two pieces : Velg yang terdiri dari dua bagian yaitu bagian tengah (center curve) dan bagian sisi luar (inner-outter rim) yang menyatu.
Velocity Responsive Damping (VRD) : Sistem ini merupakan penyempurnaan dari sockbreker yang menganut dua kandungan didalamnya (gas dan oli). Sockbreker VRD ini memiliki konstruksi baru yang menghadirkan VRD value. Katup dilengkapi dengan beberapa piranti yang menyerupai rahang ditempatkan di dalam piston. Alat ini bertugas mengendalikan arus oli dan gas. Karena adanya rahang ini, jalur jalannya oli dan gas menjadi lebih sempit. Maka kedua aliran zat peredam bisa mengalir tanpa hambatan, ketika intensitas tekanan rendah.
Dalam intensitas tekanan tinggi, rahang ini membatasi arus ketika mendapat viskositas oli meningkat. Hasilnya, peredam kejut menjadi lebih responsif, dalam kondisi apapun.
V-engine : Konfigurasi mesin dimana 2 kumpulan dari silinder di susun menyudut satu sama lain, membentuk konfigurasi huruf V.
Versnelling : Gunanya untuk mengubah percepatan jalannya mobil.
Victory Lap :Memutari sirkuit setelah memenangkan pertandingan
Voice Coil : Komponen motorik pada subwoofer. Arus AC membuat voice coil akan menekan atau mendorong coil keluar dari jangkauan daya tarik magnet sehingga membuat energi akustikal untuk timbulnya suara pada speaker.
VTEC : Singkatan dari 'Variable Valve Timing and Lift Electronic Control'. Teknologi VTEC memberikan keran otomatis dimana katup bisa mengatur sendiri timing atau waktu ia membuka dan menutup. Selain itu juga VTEC mampu mengatur sendiri berapa besar ia harus membuka, sesuai dengan kebutuhan mesin. Mulai saat rpm mesin rendah hingga rpm tinggi. Teknologi ini sudah digunakan sejak lama oleh HONDA dan diberi nama VTEC. Sedangkan teknologi yang sama juga banyak digunakan oleh beberapa Merk. Contoh Volvo yang sudah lama menggunakannya yaitu dengan nama "MICROPROSESOR CONTROLLED SELF ADJUSTING FUEL/IGNITION SYSTEM WITH KNOCK REGULATION AND DIAGNOSTIC SYSTEM"
VVT-i : Variable Valve Tuning-Intelligent. Teknologi yang dikembangkan oleh pabrikan Toyota dan diterapkan ke beberapa unit hasil produksinya, misalnya Toyota Previa. Teknologi ini memungkinkan tuning katup yang variabel didukung oleh teknologi canggih. Teknologi ini sangat berpengaruh ke performa mesin sehingga mobil menjadi lebih kuat dalam menghadapi medan yang tidak lurus, misalnya tanjakan.
Victory Lap : Memutari sirkuit setelah memenangkan pertandingan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar