DAFTAR TUGAS

Kamis, 01 Desember 2011

KAMUS OTOMOTIF HURUF R

Race control : Tempat pimpinan perlombaan racing beserta asistennya memberi petunjuk atau perintah kepada petugas-petugas yang menyebar di trek, memonitor seluruh kejadian di sekitar sirkuit. Dalam ruangannya dilengkapi dengan CCTV (close circuit television), public announcement system (PA), alat komunikasi (handy talkie). Letaknya ada di atas tower dekat garis start atau finish.

Rack dan Pinion Steering : Pada dasarnya rack dan pinion steering terdiri dari sebuah rack dan pinion. Steering ratio ditetapkan oleh rasio revolusi pinion (steering wheel revolution) pada sebuah track travel. Rangkaian gigi yang sesuai pada rack membolehkan rasio membuat variable melebihi travel. Hal ini merendahkan kekuatan kabel penggerak dan mengurangi travel untuk mengoreksi steering.

Radial tire : Ban radial yaitu konstruksi ban yang di dalamnya terdapat serat baja melintang tegak lurus dari satu sisi ke sisi lain ban

Radiator : Onderdil mobil yang mengurangi suhu mesin dengan memindahkan panas dalam cairan (pendingin) ke udara.

Radio Broadcast Data System : Model radio yang bisa menerima pengiriman data digital disamping sinyal radio FM standar. Artinya selain suara pada display dapat terpampang nama stasiun radio, format program, nama lagu sekaligus penyanyinya. RDS juga membantu mempermudah menemukan informasi kemacetan dan gawat darurat.

Rain sensor : Merupakan perangkat elektronik yang dipasang di depan kaca mobil untuk mendeteksi air hujan. Saat hujan makin lebat, sensor akan mengirimkan sinyal ke pusat data processing. Dari situ sinyal akan dikirim ke motor wiper, memerintahkan untuk bergerak mengeringkan bagian depan kaca yang basah. Sensor ini bekerja sesuai dengan intensitas kerapatan butir air yang menempel di kaca depan. Tehnologi ini ada pada Peugeot 307, Mercedes Benz S Class, VW Passat.

Rasio kompresi : Rasio daerah ketika piston berada di puncak perjalanan dengan ketika berada di dasarnya.

RDS (Radio Data System) :Merupakan transmisi digital yang mampu mengirimkan data ke mobil radio pengguna. Pada radio tersebut akan terlihat juga nama pengirim dan waktu pengirimannya.

Real Time All Wheel Drive : Cara kerja sistem ini adalah : sensor akan mendeteksi gejala selip pada roda, selanjutnya mengirimkan sinyal pada komputer. Setelah itu komputer memerintahkan transfer untuk segera mengaktifkan penggerak 4 roda, hanya pada saat - saat dibutuhkan. Misalnya ketika melintasi lumpur.

Rear Engine : Sebutan untuk mesin kendaraan yang sengaja dipasang di bagian belakang

Rear Mirror : Merupakan kaca spion yang terletak di belakang kendaraan fungsinya sama dengan kaca spion di kiri - kanan kendaraan namun rear mirror digunakan untuk mengontrol sisi belakang kendaraan.

Rear Spoiler : Sayap yang menempel di bodi
Rear Wing : Bila sayap terpisah dengan bodi (ada penyangganya). Pada mobil hatchback, sering ada tambahan sayap diatas kaca yang disebut juga rear spoiler.

Rear window : Jendela belakang mobil

Rear window frame : Bingkai jendela belakang mobil

Rear wheel drive : Sistem penggerak roda depan. Sistem ini mentransmisikan daya dari poros engkol ke roda-roda belakang.

Rear Wheel Steering : Sebuah sistem pengemudi tambahan yang terletak di roda belakang mobil. Gunanya untuk meningkatkan stabilitas ber-manuver saat menikung pada kecepatan sedang dan tinggi. Keunggulannya, dalam kecepatan rendah dapat mengurangi putaran stir pengemudi hingga kurang lebih 10%.

Reflektor : Komponen yang terletak dalam headlamp yang berfungsi untuk memberikan pantulan cahaya sebesar-besarnya dari bola lampu (bulb) serta memberikan jangkauan dan distribusi cahaya lampu ke tepi jalan.

Regulator : Gunanya untuk menghubungkan dan memutuskan arus dari dinamo ke aki secara otomatis.

Regulator voltase : Alat yang mengatur atau mengontrol output voltase alternator atau generator.

Rem : Alat yang mengubah energi kinetik menjadi energi panas, untuk memperlambat jalan mobil.

Rem cakram : Sistem rem yang mempergunakan tekanan kaliper pada cakram di roda untuk menghentikan mobil. Secara tipikal digunakan di roda depan sebagian besar mobil.

Rem parkir : Rem yang dioperasikan dengan tangan atau kaki, yang menggunakan sepatu atau bantalan rem pada permukaan pengereman di roda belakang mobil. Disebut juga rem keadaan darurat.

Rem teromol : Sistem rem yang mempegunakan sepatu rem pada bagian dalam teromol rem untuk menghentikan atau memperlambat mobil.

Reservoir air pendingin mesin : Berfungsi mendinginkan uap air panas dan kemudian menampungnya.

Resistor Balast : Digunakan untuk mengontrol arus primer dan mencegah koil dari panas yang berlebihan pada kecepatan rendah dan pemutus akan turun jika kecepatan mesin tinggi. Dipasang dengan kabel antara sakelar penyalaan dan koil. Kabel yang digunakan dapat berupa kabel khusus dalam sistem pengkabelan atau kawat resistor yang ditempatkan pada blok keramik dan dijepit pada panel dekat koil.

Restrictor Turbo : Pembatasan ukuran diameter lubang saluran turbo ke saluran masuk (intake manifold).

Rich Limit : Campuran antara bahan bakar dengan udara yang lebih banyak bahan bakarnya dibanding udaranya atau biasa disebut batas campuran kaya (gemuk).

Ring piston : Ring yang dipasang di bagian pinggir piston dan pada dinding silinder untuk menutup rapat ruang kompresi.
Roadster : Roadster lahir karena kebutuhan untuk ngebut di jalanan terutama pinggiran kota atau antar kota. Berbeda dengan sports car yang kecanggihannya baru maksimal jika dipacu di trek yang memang kosong dari orang awam. Mobil jenis roadster enak dinikmati dalam kecepatan tinggi, manufer zigzag menghindari kendaraan lain, mengerem mendadak dan lain-lain. Intinya kegiatan itu justru mensyaratkan tingkat kesulitan kondisi jalanan yang alami, lengkap dengan belokan dan kehadiran pengendara lain. Salah satu perbedaan fisik dari roadster dan Sports car adalah di moncongnya lebih panjang dan ground clearance-nya yang lebih tinggi. Ini bisa dimaklumi mengingat Roadster memang ditujukan untuk kebut-kebutan di jalanan. Beberapa contoh mobil roadster adalah Honda S2000, Chevrolet Corvette, dan BMW Z8.

Roda Gaya : Roda gendeng/roda logam bulat di ujung poros engkol yang menghimpun dan mengantarkan tenaga mesin ke transmisi.

Roda Gigi Timing : Roda gigi ini mereduksi/menurunkan jumlah perputaran dari roda gigi poros engkol dan memindahkan tenaganya ke roda gigi poros kam. Selanjutnya, poros kam menggerakkan kam (tonjolan) untuk membuka dan menutup katup pada ruang pembakaran untuk mesin empat langkah. Poros kam berputar setengah putaran dari kecepatan poros engkol

Rocker Arm : Adalah lengan penumbuk katup berfungsi untuk menekan ujung batang katup sehingga katub terbuka.

Roller-Type Overrunning Clutch : Peranti dalam kopling yang gunanya untuk menjaga kecepatan input shaft transmission (poros input pada transmisi) agar tidak berlebihan saat diambil alih oleh mesin. Roller berbentuk kecil dan sedang ini biasanya terpasang di overrunning clutch. Perangkat itu didorong oleh per ke sebuah komponen berbentuk kampak dan terdapat di antara dinding kopling dan poros opinion

Rollover Protection System : Sistem proteksi otomatis yang terpasang pada bagian tengah mobil konvertibel. Gunanya adalah untuk mengantisipasikan saat mobil terbalik..

Rotor : Komponen ini terbuat dari ebonit yang bagian atasnya besi kuningan, tertancap di bodi distributor. Rotor bekerja berputar di dalam tutup distributor, membagi arus ke busi sesuai dengan urutan pembakaran mesin mobil.

RPM : Singkatan dari revolution per minutes merupakan standar ukuran kecepatan rotasi. Digunakan untuk menunjukkan kecepatan dimana berbagai komponen putar berotasi.

Ruang pembakaran : Daerah dalam silinder mesin di mana pembakaran campuran bahan bakar / udara terjadi.

Race control : Tempat pimpinan perlombaan beserta asistennya memberi petunjuk atau perintah kepada petugas-petugas yang menyebar di trek, memonitor seluruh kejadian di sekitar sirkuit. Dalam ruangannya dilengkapi dengan CCTV (close circuit television), public announcement system (PA), alat komunikasi (handy talkie). Letaknya ada di atas tower dekat garis start atau finis.
Roadster : Mobil sport atau konvertibel dua pintu

Restrictor Turbo : Pembatasan ukuran diameter lubang saluran turbo ke saluran masuk (intake manifold).

Race control : Tempat pimpinan perlombaan beserta asistennya memberi petunjuk atau perintah kepada petugas-petugas yang menyebar di trek, memonitor seluruh kejadian di sekitar sirkuit. Dalam ruangannya dilengkapi dengan CCTV (close circuit television), public announcement system (PA), alat komunikasi (handy talkie). Letaknya ada di atas tower dekat garis start atau finis.

RODA GILA / FLYWHEEL : Komponen bulat sangat berat ini berada di salah satu ujung poros engkol. Fungsinya menjaga poros engkol tetap berputar dengan rata ketika tidak ada tenaga yang dihasilkan mesin. Tenaga untuk mendorong itu merupakan inersianya yang besar lantaran bobotnya yang berat. Besarnya bobot roda gila ini menentukan momen puntir yang dihasilkan mesin. Karena diameternya besar, roda gila juga digunakan sebagai tempat untuk menghidupkan mesin. Atau tempat cantelan motor starter, karena itu bagian pinggirnya dipenuhi dengan gerigi.

Tidak ada komentar: