DAFTAR TUGAS

Kamis, 01 Desember 2011

KAMUS OTOMOTIF HURUF M

MacPherson Strut Suspension System : Bagian dari sistem suspensi independen, terdiri atas per keong dan shock strut (posisi sockbreaker ada di dalam strut). Biasanya dipasang di bagian depan kendaraan, namun bisa juga diinstal di belakang. Jenis suspensi independen ini mempunyai sumbu yang hampir vertikal/tegak berfungsi sebagai kombinasi dari pegas, peredam kejut, dan pivot kemudi.

Main Bearing : Komponen ini berbentuk dua lempengan, masing-masing setengah bundar. Di tengahnya diberi alur yang digunakan sebagai saluran oli atau pelumas. Di sebut metal duduk karena logam ini, tidak berpindah tempat. Tetapi berada atau berputar pada blok mesin. Digunakan sebagai ganjal antara kruk as yang berputar pada blok silinder.

Manifold buang : Sistem yang mengumpulkan gas buang dari silinder dan mengirimkannya ke pipa buang.
Marshall : Petugas disekeliling track terdiri dari flag, fire, track, course marshall, grid marshall.

Mass air flow sensor : Tehnologi ini ada pada mobil merk Jaguar. Tugasnya mengukur massa udara yang masuk ke saluran masuk (intake system). Selain massa udara, temperatur yang masuk ke intake juga dikontrol guna menjamin pembakaran sempurna.

Master Silinder : Merupakan bagian utama pada sistem rem dan berfungsi untuk menimbulkan tekanan hidrolik.

Maximum Economy : Merupakan campuran bahan bakar dengan udara sempurna yang dapat menghasilkan tenaga mesin secara optimum.

Maximum Power : Merupakan campuran kondisi gemuk (kaya) yang dapat menghasilkan tenaga maksimum.

Mechanical damage : Suatu keadaan dimana kemungkinan adanya kemasukan benda asing di ruang pengapian, atau piston macet tidak bisa menjangkau (terlalu jauh menuju) busi. Sehingga silinder mati, dan ini bisa mengakibatkan piston rusak.

Mengselmotoren : Adalah motor yang dapat hidup karena memakai bahan bakar bensin dicampur dengan udara.

Mesin Rotari : Sebuah tipe mesin dengan rotor yang berfungsi sebagai piston. Rotor ini bergerak secara rotasi karena terdorong oleh ledakan akibat pengapian. Dengan bentuk menyerupai segitiga, rotor juga berfungsi menghisap campuran bahan bakar, memampatkan dan mendorong sisa pembakaran. Mekanisme kerja mesin ini hampir sama dengan mesin empat langkah konvensional, dimana ada proses pemasukan (intake), pemampatan (compresion), penyalaan & ekspansi, dan pembuangan.
MIRA : Motor Industry Research Association
Monokramatik : uansa warna tunggal atau setidaknya mempunyai kemiripan. Misalnya body kit, lis bodi, gril, spion atau velg dikelir serupa.

Monospace : Kendaraan sejenis van

Moonroof : Sama dengan sunroof, namun berbahan kaca tebal. Keuntungannya bila di malam hari, bisa memandang langit.

mph : miles per hour, hitungan kecepatan laju kendaraan: mil per jam, 1 mil = 1,6 km

MPV : Singkatan dari Multi Purpose Vehicle di-Indonesia-kan sebagai Kendaraan Multi Fungsi. Sesuai dengan namanya, kendaraan ini selain keren juga ditujukan untuk berbagai penggunaan. Baik buat ngantor, piknik, belanja, olahraga, kondangan dan lain-lain. Contohnya Mazda MPV.

MSRP : Adalah singkatan dari Manufacturer Suggested Retail Price atau Harga Retail yang dianjurkan oleh pembuat atau fabrikannya. Antara fabrikan mobil dengan distributor-dealer mematok harga mobil yang jelas berbeda terutama karena perlu biaya tambahan untuk proses, penanganan, pengiriman dan profit untuk sebuah transaksi penjualan mobil. Untuk mencegah retail mobil menjual dengan harga gila-gilaan, manufaktur atau fabrikannya mengeluarkan bandrol MSRP ini sebagai patokan buat konsumen.

Muffler : merupakan bagian dari knalpot yang berfungsi sebagai alat peredam suara dan juga sebagai penyaring udara yang keluar dari sisa pembakaran di ruang mesin

Multi Link :Sebutan untuk kaki-kaki mobil dengan sistem adjustable (dapat disetel)

Metal Jalan / CON ROD BEARING : Digunakan sebagai ganjal antara pangkal setang piston (big end) dan poros engkol. Berbentuk dua lempengan logam setengah bulat.

Metal Bulan / THRUST BEARING : Digunakan sebagai ganjal samping antara poros engkol blok silinder. Tugasnya mencegah poros engkol bergerak atau terdorong sepanjang sumbunya. Dengan permukaan yang licin, poros engkol bisa bergerak dengan lancar.

Metal Duduk / Bantalan Utama / Main Bearing : Komponen ini berbentuk dua lempengan, masing-masing setengah bundar. Di tengahnya diberi alur yang digunakan sebagai saluran oli atau pelumas. Di sebut metal duduk karena logam ini, tidak berpindah tempat. Tetapi berada atau berputar pada blok mesin. Digunakan sebagai ganjal antara kruk as yang berputar pada blok silinder.

Tidak ada komentar: