Idiosyncratic : Cara mengemudi yang tidak lazim
Idle Speed Control Valve : Yaitu komponen pengatur udara di fuel injection yang menjamin campuran bahan bakar dan udara makin sempurna.
Idle system : Sistem dalam karburator yang menjaga aliran bahan bakar tetap normal ketika mesin tidak bekerja.
Ignition : Penyalaan api pembakaran. Berbeda dengan diesel yang menyalakan pembakaran bahan bakar dengan sistem panas hasil kompresi, system ignition menyalakan pembakaran dengan menangkap percikan api yang dibuat melalui rangkaian antara pembangkit tenaga accumulator (aki), kumparan, dan busi sebagai pemicu.
Ignition coil : kumparan penyalaan yang berfungsi untuk menaikkan tegangan dari tegangan baterai 12V menjadi (25.000 V - 47.000 V) agar dapat terjadi loncatan bunga api listrik pada elektroda busi sehingga dapat memungkinkan terjadinya pembakaran di ruang bakar.
Ignition Switch : Gunanya untuk menghubungkan aliran listrik yang akan dipergunakan untuk menghidupkan mesin.
Immobilizer : Fungsi utamanya untuk melindungi kendaraan dari akses yang tidak diinginkan pemiliknya. Cara kerjanya dengan memutuskan aliran pada sistem kelistrikan dan bahan bakar, sehingga dengan cara apapun mobil tidak akan bisa dihidupkan kecuali oleh pemiliknya dengan kunci kontak asli. Rangkaian immobilizer terdiri dari kunci kontak, antena koil, transceiver, dan controller. Bila salah satu komponen ini rusak, maka immobilizer tidak bisa berfungsi.
Indeks Viskositas : Suatu angka yang menunjukkan besarnya perubahan kekentalan suatu minyak pelumas bila terjadi perubahan suhu. Apabila suhu naik maka kekentalan minyak pelumas akan turun.
Indicator Timing Belt : Fungsinya untuk mengingatkan pengemudi ketika masa pakai timming belt sudah cukup lama (100.000 km) dan itu berarti pemilik mobil sudah saatnya mengganti timming belt. Sinyal ini ada di Toyota Kiang diesel.
Indirect Injektion : Sistem injeksi bahan bakar mesin diesel disebut diesel injeksi tidak langsung. Solar diinjeksikan oleh nosel injektor ke dalam ruang bakar tambahan sebelum menuju ruang bakar utama. Dengan demikian, hasil penyalaan solar dapat berekspansi lebih cepat untuk meningkatkan efisiensi pembakaran. Secara umum, ada dua macam ruang bakar tambahan untuk mesin diesel injeksi tidak langsung yaitu ruang bakar kamar depan (pre-combustion chamber) dan ruang bakar kamar pusar (swirl chamber).
Inflatable Curtain : Proteksi untuk mencegah cedera kepala
Inlet manifold :Berfungsi untuk membantu menyempurnakan pencampuran bahan bakar dan udara dari karburator kemudian membagi campuran itu ke setiap silinder dengan merata
Inlet valve : katup pemasukan
Inline : Istilah mesin 'inline' adalah menunjukkan jenis mesin dimana semua silindernya terletak berjajar. Sering disbut juga straight, misalnya 'straight 8' yang berarti jumlah silindernya ada 8 dan kesemuanya berjajar. Atau 'straight 4' yang berjumlah silinder 4 dengan posisi yang sama. Konsekuensi dari mesin 'inline' adalah moncong mobil jadi lebih panjang ketimbang konfigurasi 'V-engine' yang bisa membuat moncong mobil-mobil bermesin depan jadi lebih pendek.
Instrument Panel Display (IPD) : Alat ini berfungsi sebagai indikator kerusakan. Jika warning lamp menyala berarti ada masalah yang timbul. Masalah yang timbul terbagi menjadi 2 tingkatan yaitu minor dan mayor. Masalah minor dianggap sebagai sesuatu yang tidak mempengaruhi keseluruhan sistem. Namun jika masalah mayor berarti ada masalah yang bisa menentukan kemampuan mesin itu sendiri misalnya tenaga mesin jadi hilang, bahan bakar boros, atau gas buang berwarna. IPD meliputi service indocator, engine oil level indicator dan total distance recorder. Instrument ini ECU yang terpasang pada mesin injeksi. Masing-masing mobil memiliki indikator IPD dengan tanda yang berbeda-beda misalnya pada Peugeot 206, indikator minor berbentuk siluet kunci pas, jika indikator menyala berarti masa servis tinggal 1.000 km lagi.
Individual Intake Manifold by BMW : Saluran isap yang bisa dikontrol terpisah
Intake Manifold : Saluran yang menghubungkan karburator dengan kepala silinder.
Intervehicular distance alarm : Sistem yang ditawarkan oleh perusahaan truk Jepang, Hino. Sistem ini menggunakan sinar infra merah yang akan mengingatkan pengemudi tentang jalanan di depannya.
Intrusion Alert With Memory : Fitur pada alarm yang berfungsi bahwa alarm mampu memberikan laporan kepada pemilik mobil tentang jenis gangguan yang pernah dialami. Caranya dengan memperhatikan kode yang diberikan melalui kedipan lampu indikator di dalam kabin. Setiap jenis kedipan mewakili jenis gangguan berbeda.
Idiosyncratic : Cara mengemudi yang tidak lazim
ICIM by BMW : Individual Intake Manifold, Saluran isap yang bisa dikontrol terpisah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar